Hari : Selasa, 26 Juli 2016
Pukul : 07:00 - 17:00
Tempat : Lab Komputer Multimedia SMK Negeri 1 Cilacap
Ketua Pelaksana : Moko (08164280288)
Kisi-kisi :
MODUL 1 : Logo & Aplikasi (Katalog)
Logo adalah suatu bentuk gambar dengan arti tertentu yang mewakili suatu
arti dari perusahaan, daerah, perkumpulan, produk, Negara, lembaga/organisasi
dan hal-hal lainnya yang dianggap membutuhkan hal yang singkat dan mudah
diingat sebagai pengganti dari nama sebenarnya.
Katalog memuat informasi atau penjelasan tentang produk, layanan, fasilitas
umum, profil perusahaan, sekolah, atau dimaksudkan sebagai sarana beriklan. Informasi dalam katalog ditulis dalam bahasa yang ringkas, dan
dimaksudkan mudah dipahami dalam waktu singkat. Katalog juga didesain agar para konsumen dapat memahami lebih lanjut tentang
produk atau layanan yang ditawarkan, dan dicetak di atas kertas yang baik dalam usaha membangun citra yang
baik terhadap layanan atau produk tersebut.
MODUL 2 : Kemasan
Kemasan adalah ilmu, seni, dan teknologi yang
berfungsi untuk melindungi produk dalam mendistribusi, menyimpan, penjualan, dan penggunaan
yang mempunyai unsur-unsur desain dalam penyampaian komunikasi yang diinginkan
dengan menggunakan elemen illustrasi, tipografi dan komposisi
A. Syarat/Ketentuan Lomba
Peserta lomba telah memenuhi persyaratan:
1. Siswa siswi SMK di Kabupaten Cilacap
2. Tidak buta warna.
3. Setiap Sekolah hanya diwakili oleh 1 (satu) orang peserta.
4. Mengumpulkan foto berwarna 3 x 4 sebanyak 2 lembar
5. Sehat jasmani dan rohani (tidak dalam kondisi sakit)
B. Tata Tertib Lomba
1. Peserta hadir di tempat lomba 30 menit sebelum acara dimulai, dan mengisi daftar hadir yang telah disediakan panitia. Bagi yang terlambat harus mendapat izin masuk dari panitia;
2. Peserta yang tidak hadir sesuai dengan jadwal, dan atau melebihi 45 menit dari jadwal yang ditentukan dianggap mengundurkan diri;
3. Setiap peserta berpakaian hitam putih tanpa identitas daerah / sekolah asal;
4. Penentuan nomor peserta dilakukan melalui undian, bagi peserta yang tidak mengikuti technical meeting, nomor undian ditentukan oleh panitia;
5. Selama perlombaan berlangsung setiap peserta wajib mengenakan Nomor Undian;
6. Peserta lomba menempati/ menggunakan peralatan lomba sesuai hasil undi;
7. Pelaksanaan lomba dilaksanakan selama 1 (satu) hari;
8. Waktu lomba adalah pukul 08:00 – 17:00 WIB, jam termasuk persiapan, istirahat dan penutupan;
9. Waktu istirahat 60 menit untuk sholat, istirahat, dan makan;
10. Peserta tidak dapat melanjutkan lomba dikarenakan sakit atau hal-hal lain, maka dianggap gugur/ mengundurkan diri;
11. Peserta tidak dibenarkan berkonsultasi atau mendapat pengarahan teknis tentang pekerjaan (job) pada waktu kegiatan berlangsung dari pembimbing masing-masing kecuali dari tim juri;
12. Kegagalan/ keterlambatan pekerjaan tidak diberikan toleransi (misalnya karena lupa pekerjaan belum di-save);
13. Peserta lomba wajib melakukan pemeriksaan peralatan dan kebersihan lingkungan kerja;
14. Penggunaan font khusus diserahkan pada saat technical meeting untuk diinstall
15. Kerusakan peralatan (hardware/software) akibat kesalahan prosedur yang dilakukan peserta, menjadi tanggung jawab peserta itu sendiri;
16. Pen tablet merupakan peralatan penunjang yang diperkenankan dibawa peserta dan tidak disediakan penyelenggara;
17. Tidak dibenarkan menggunakan software di luar ketentuan yang ada, termasuk penggunaan internet;
18. Pembimbing tidak dibenarkan masuk ke ruang lomba atau menghubungi peserta baik langsung maupun alat komunikasi pada saat lomba berlangsung dengan alasan apapun;
19. Ketentuan lain yang belum tercantum dalam tata tertib ini diputuskan oleh kebijakan Tim juri (ditentukan kemudian sesuai kebutuhan);
20. Pelanggaran terhadap tata tertib ini akan diberikan sanksi berupa teguran sampai berupa pemberhentian sebagai peserta.
C. Skenario Lomba
Mengikuti agenda panitia pembukaan dan technical meeting Lomba Keterampilan Siswa
Modul 1 :
30’ Brief Modul I
150’ Tes Praktik – Modul 1 Logo & Aplikasi (katalog)
60’ Ishoma
180’ Tes Praktik – Modul 2 Kemasan
30’ Clossing Meeting hari pertama
untuk blanko biodata peserta dan pendampin bisa diunduh disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar