- Kisi –kisi dan Kriteria Lomba
Modul
1 : Majalah
Majalah
adalah sebuah media publikasi atau terbitan secara berkala yang memuat artikel
– artikel dari berbagai penulis. Selain memuat artikel, Majalah juga merupakan
publikasi yang berisi cerita pendek, gambar, review, ilustrasi atau fitur
lainnya yang mewarnai isi dari majalah. Oleh karena itu, majalah dijadikan
salah satu pusat informasi bacaan yang sering dijadikan bahan rujukan oleh para
pembaca dalam mencari sesuatu hal yang diinginkannya.
Di
dalam suatu majalah terkandung banyak elemen – elemen grafis seperti gambar,
tipografi, warna, ilustrasi dan elemen lainnya yang dimana hal itu untuk
memperindah isi majalah dan untuk menarik perhatian masyarakat untuk
membacanya. Majalah juga harus memiliki konsep atau target segmentasi yang
jelas dan sesuatu hal yang berbeda dengan majalah lainnya. Agar dapat terlihat
oleh masyarakat memiliki ciri khas serta keunggulan dari majalah – majalah
pesaing.
Logo merupakan suatu bentuk gambar atau
sekedar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan,
daerah, perkumpulan, produk, negara, lembaga/ Organisasi dan hal-hal lainnya
yang dianggap membutuhkan hal yang singkat dan mudah diingat sebagai pengganti
dari nama sebenarnya.
Kemasan
telah menjadi bagian yang tak terpisahkan tak hanya bagi berbagai macam jenis
produk,melainkan juga gaya hidup masyarakat. Kemasan tidak hanya berfungsi
untuk melindungi produk dari ancaman terjadinya kerusakan, melainkan telah
menjadi salah satu unsur daya tarik konsumen dalam bersaing dengan
produk-produk lainnya terutama yang sejenis. Sekarang ini perkembangan kemasan
suatu produk mengalami perkembangan dan perubahan yang sangat pesat misalnya,
dalam bentuk kemasan, bahan kemasan, komposisi warna kemasan dan unsur- unsur
kemasan lainnya.
- Lingkup tugas Lomba
Tugas meliputi :
· Pemahaman
akan bief, perwujudan ide dengan alat bantu computer dan penyimpanan data
digital
· Print
hasil desain, penyajian dalam bentuk mock up
· Penjelasan
melalui konsep tertulis
- Praktek Lomba
• Semua proses perancangan desain, hingga perwujudannya
dilakukan secara mandiri
•
Penguasaan teknis :
a) Pemahaman ‘design is solution’ &
prinsip desain (to indentify, to inform, to persuade)
b)
Penguasaan aplikasi software grafis
c)
Directory file file yang rapi dan baik
d) Crafting
skill atau kerapian dalam pembuatan mock up
Tidak ada komentar:
Posting Komentar