Selasa, 21 Mei 2013

KISI - KISI LKS DESAIN GRAFIS 2013



  1. Kisi –kisi dan Kriteria Lomba
Modul 1  : Majalah
Majalah adalah sebuah media publikasi atau terbitan secara berkala yang memuat artikel – artikel dari berbagai penulis. Selain memuat artikel, Majalah juga merupakan publikasi yang berisi cerita pendek, gambar, review, ilustrasi atau fitur lainnya yang mewarnai isi dari majalah. Oleh karena itu, majalah dijadikan salah satu pusat informasi bacaan yang sering dijadikan bahan rujukan oleh para pembaca dalam mencari sesuatu hal yang diinginkannya. 
Di dalam suatu majalah terkandung banyak elemen – elemen grafis seperti gambar, tipografi, warna, ilustrasi dan elemen lainnya yang dimana hal itu untuk memperindah isi majalah dan untuk menarik perhatian masyarakat untuk membacanya. Majalah juga harus memiliki konsep atau target segmentasi yang jelas dan sesuatu hal yang berbeda dengan majalah lainnya. Agar dapat terlihat oleh masyarakat memiliki ciri khas serta keunggulan dari majalah – majalah pesaing. 
Modul 2  : Logo & Kemasan
 Logo merupakan suatu bentuk gambar atau sekedar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, perkumpulan, produk, negara, lembaga/ Organisasi dan hal-hal lainnya yang dianggap membutuhkan hal yang singkat dan mudah diingat sebagai pengganti dari nama sebenarnya.
 Kemasan telah menjadi bagian yang tak terpisahkan tak hanya bagi berbagai macam jenis produk,melainkan juga gaya hidup masyarakat. Kemasan tidak hanya berfungsi untuk melindungi produk dari ancaman terjadinya kerusakan, melainkan telah menjadi salah satu unsur daya tarik konsumen dalam bersaing dengan produk-produk lainnya terutama yang sejenis. Sekarang ini perkembangan kemasan suatu produk mengalami perkembangan dan perubahan yang sangat pesat misalnya, dalam bentuk kemasan, bahan kemasan, komposisi warna kemasan dan unsur- unsur kemasan lainnya. 
  1. Lingkup tugas Lomba
 Tugas meliputi :
·      Pemahaman akan bief, perwujudan ide dengan alat bantu computer dan penyimpanan data digital
·      Print hasil desain, penyajian dalam bentuk mock up
·      Penjelasan melalui konsep tertulis 
  1. Praktek Lomba
 • Semua proses perancangan desain, hingga perwujudannya dilakukan secara mandiri
• Penguasaan teknis :
 a) Pemahaman ‘design is solution’ & prinsip desain (to indentify, to inform, to persuade)
b) Penguasaan aplikasi software grafis
c) Directory file file yang rapi dan baik
d) Crafting skill atau kerapian dalam pembuatan mock up 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar